Hari Ini Batas Akhir Pemasukan SK Pemberhentian Calon Kada

  • Friday, Oct 23 2015

TERNATE – Hari ini batas akhir pemasukan surat pemberhentian dari PNS dan DPR ke KPU kabupaten kota sebagaimana yang diatur dalam PKPU Nomor 12 Tahun 2015 perubahan PKPU Nomor 9 Tahun 2015. Namun bagi calon bupati dan wali kota yang belum mengantongi surat pemberhentiannya tidak perlu khawatir.
Pasalnya ada edaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tanggal 21 Oktober lalu yang masih memberikan kelonggaran, asalkan dapat menunjukan 2 bukti pengunduran diri yaitu surat resmi pengajuan pemberhentian, dan Surat dari instansi terkait bahwa SK pemberhentian sedang dalam proses. “Didalam PKPU dijelaskan 60 hari setelah penetapan calon harus masukan SK Pemberhentian atau 23 Oktober (Hari ini, red). Tapi adanya surat edaran KPU RI ini, calon diberikan kelonggaran, karena keterlambatan SK bukan kesalahan calon tapi lebih pada persoalan teknis pada instansi yang menerbitkan SK,” jelas Muksin Amrin saat ditemui di ruang kerjanya kamis (22/10).
Muksin menambahkan, apabila calon kepala daerah (kada, red) tidak mampu menunjukan SK pemberhentian dan juga 2 alat bukti yang dimaksud maka calon dikategorikan tidak memenuhi syarat dan otomatis digugurkan dari pencalonan. “Dua alat bukti yang dimaksud harus ditunjukan hari ini, kalau tidak calon ditetapkan tidak memenuhi syarat,” tegas Muksin.
Hal ini dibenarkan Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo, bahwa selama calon tidak dapat menunjukan surat yang menjelaskan punya itikad baik mengajukan surat pengunduran diri, yang bersangkutan bisa ditetapkan tidak memenuhi syarat. “Ini berlaku bagi Calon yang telah mengajukan surat pengunduran diri namun tertahan di Instansi terkait karena faktor internal atau dihalang-halangi pihak tertentu. Tapi kalau calon mampu menunjukan 2 bukti yang dimaksud dalam surat edaran KPU RI maka bisa dinyatakan telah memenuhi syarat,” pungkas Syahrani. (tr-02/wat)