JEDDAH – Rombongan kelompok terbang 10 jamaah haji Maluku Utara dijadwalkan tiba di embarkasi Makassar hari ini pukul 7.30 WITA. Jamaah yang berasal dari Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Halmahera Timur ini telah bertolak dari Bandar Udara King Abdul Aziz Jeddah Rabu (13/9) pukul 15.30 waktu setempat. Ikut dalam rombongan tersebut adalah 444 jamaah haji dan 5 petugas kloter.
Kepala Bagian Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Malut Amar Manaf mengungkapkan, selama dalam perjalanan, seharusnya ada 27 jamaah yang berada dalam pengawasan khusus karena menggunakan kursi roda. Hanya saja, keterbatasan kursi roda membuat 18 jamaah saja yang kebagian. 9 lainnya terpaksa dipapah.
Selain itu, setibanya di Jeddah, kondisi kesehatan dua jamaah sempat menurun. Mereka adalah Haya Kasiang dan Saleh Abubakar. Haya harus menjalani perawatan saat di bandara akibat lemas, demam, dan dehidrasi serta hiperglikemia. Sementara Saleh mengalami sesak napas dan lemas. "Saleh Abubakar sendiri setelah ditangani di KKHI, tidak mengalami perubahan. Terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit King Abdullah Jeddah. Karena itu, kepulangannya ditunda dan akan diikutkan pada kloter yang lain jika sudah sembuh," ungkap Amar kemarin.
Setibanya di Bandara Hasanuddin Makassar nanti, lanjut Amar, jamaah akan langsung diangkut dengan bus menuju Asrama Haji Sudiang. Mereka diberi kesempatan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke Ternate pada Jumat (15/9).
Sementara untuk kloter 11, hari ini dijadwalkan menuju Jeddah untuk persiapan kembali ke tanah air. Dari lima jamaah yang sebelumnya dinyatakan ditunda keberangkatannya, kini tersisa tiga jamaah saja. Sebab dua lainnya kesehatanya telah kembali pulih dan dianggap layak terbang. "Halima Abdullah asal Halbar dan Ajami H Salasa asal Halsel dinyatakan sehat dan layak terbang. Sementara Safura Fokaya asal Sula, Nursafa Soleman asal Halsel, dan Sunarti Abdullah Puasa asal Halsel ditunda keberangkatannya karena sementara masih dalam perawatan di rumah sakit," jelas Amar.
Seperti biasa, Amar meminta doa dari masyarakat Malut dan keluarga untuk para jamaah haji. ”Agar bisa diberi kekuatan untuk kembali ke tanah air. Insha Allah dengan doa keluarga dapat menolong mereka menjalani proses penyembuhan," katanya sembari mengatakan untuk jamaah kloter 12 dilaporkan dalam kondisi sehat semuanya.(udy/kai)